C. APLIKASI PRESENTASI

KOMUNIKASI DARING

 

KOMUNIKASI DARING


PENGERTIAN KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses pemindahan dalam bentuk gagasan, informasi dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002: 30).
Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain menggunakan lambang-lambang yang bermakna untuk kedua pihak, dalam situasi tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk mengubah tingkah laku atau sikap seseorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13). 
PENGERTIAN KOMUNIKASI DARING

Setelah memahami makna komunikasi, kita masuk ke pembahasan inti. Istilah komunikasi daring mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui atau menggunakan jaringan komputer.(Warschauer, M. 2001 pp. 207-212).

JENIS KOMUNIKASI DARING

Terdapat 2 jenis komunikasi dalam jaringan. 
1. KOMUNIKASI DARING SINKRON (BERSAMAAN)
Komunikasi dalam jaringan sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai medianya yang terjadi secara bersamaan, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron diantaranya:
 a. Video chat 

Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chat bisa dilakukan point-to-point (satu-satu) seperti Skype, atau interaksi multipoint (satu ke banyak/banyak ke banyak) Seperti Google+ Hangouts.
b. Teks chat 

Teks chat merupakan sebuah fitur, program, atau aplikasi dalam jaringain internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang daring. 
2. KOMUNIKASI DARING ASINKRON (TIDAK BERSAMAAN)

Komunikasi dalam jaringan asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer atau perangkat lain yang dilakukan secara “tunda”. Contohnya yaitu forum, email, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring lewat Worl Wide Web. 

KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DARING
Ada beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi dalam jaringan bisa dilakukan. Komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: 

1. KOMPONEN PERANGKAT KERAS (HARDWARE)


Perangkat yang bentuknya bisa dilihat atau diraba oleh manusia secara langsung. Contoh dari perangkat keras yang perlu ada dalam pelaksanaan komunikasi daring diantaranya komputer, headset, mikrofon, dan perangkat pendukung koneksi internet. 
2. KOMPONEN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software diperlukan sebagai jembatan antara brainware dan hardware. Program-program yang biasanya digunakan dalam komunikasi daring seperti sky, google+ hangout, webconference, dll. 
3. KOMPONEN PERANGKAT AKAL ATAU NALAR (BRAINWARE)

Termasuk di dalam komponen brainware adalah manusia yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.   

FUNGSI KOMUNIKASI DARING
  1. Informasi: sebagai media penyampai pesan dan informasi kepada penerima informasi
  2. Kendali: bertindak mengendalikan dan mengatur suatu informasi sebagai kewenangan individu atau kelompok.
  3. Motivasi: komunikasi daring dapat memacu suatu pekerjaan dan semangat karyawan dalam pekerjaannya.
  4. Ekspresi Emosional: komunikasi daring bisa mewakili suatu perasaan individu atau kelompok.
  5. Penghemat waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan efisien.
  6. Penghemat biaya: harga kuota internet yang relatif murah mendukung komunikasi daring berjalan.
  7. Dilakukan dimana saja: pagi, siang, sore, malam, tidak masalah untuk melakukan komunikasi daring.
  8. Ilmu teknologi: komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang saat itu dijadikan bahan penelitian.
  9. Intensitas komunikasi: kemudahan berkomunikasi menyebabkan intensitas komunikasi bertambah tanpa batas.
  10. Partisipasi: komunikasi daring menyebabkan meningkatnya partisipan dalam artian menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi.
  11. Informasi: informasi yang dilakukan di dalam jaringan bisa dilakukan selengkap dan seakurat mungkin.
  12. Kontrol: proses komunikasi juga bisa diawasi oleh Menteri Komunikasi sebagai badan pengawan komunikasi dalam negeri.
  13. Dorongan: contohyna seorang penulis yang terdorong untuk menulis tulisan yang bermanfaat karena mudahnya akses komunikasi.
  14. Penyalur ide: tulisan-tulisan di dalam jaringan internet dapat menjadi sumber ide-ide untuk individu yang membacanya.
  15. Sosialita: contohnya yaitu facebook sebagai media komunikasi sosial yang bisa membantu kita dalam melakukan kegiatan sosial.
  16. Fungsi negara: komunikasi daring membantu pemerintahan untuk menyampaikan informasi kepada publik. 

KEUNGULAN KOMUNIKASI DARING
1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.  
2. Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.
3. Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan. 
4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen. 
5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya. 
6. Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi. 

KELEMAHAN KOMUNIKASI DARING
1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software. 
3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima. 
4. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.


GOOGLE DRIVE

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE 
Google Drive merupakan layanan Google yang memungkinkan untuk menyimpan file secara daring dan mengaksesnya di mana saja menggunakan cloud. Google Drive juga memungkinkan untuk mengakses aplikasi berbasis web secara gratis untuk membuat dokumen, lembar sebar (spreadsheet), presentasi, formulir, gambar, dsb.  Saat ini, Google Drive merupakan salah satu penyimpanan cloud (cloud storage) yang pupuler karena menawarkan 15 gigabyte (15 GB) ruang penyimpanan gratis. Drive tidak hanya digunakan untuk menyimpan file, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat, membagipakaikan, dan mengelola file dengan aplikasi yang produktif.  Untuk menggunakan Drive, perlu dilakukan langkah sebagai berikut. 
• Masuklah (Sign in) ke Gmail. Jika belum memiliki Gmail, buatlah terlebih dahulu akun Gmail. 
• Setelah masuk ke Gmail, klik Google Apps kemudian pilih Drive, atau juga dapat langsung mengetikkan alamat http://drive.google.com pada browser. 


• Akan tampil halaman awal Google Drive. (Sampai naskah ini ditulis,  akan tampil halaman awal Google Drive yang masih kosong sebagaimana tertera di atas).  Setelah sampai ke Google Drive, mulailah dengan mengunggah file dan buatlah folder sehingga tahu bagaimana cara untuk melihat dan mengelolanya. Namun,  sebelum memulai mengunggah, pahamilah berbagai jenis file yang akan diunggah ke dalam Drive sebagai berikut. 
• File yang dapat dimodifikasi, misalnya file yang dibuat menggunakan Microsoft Office, PDF, dan file lainnya yang berbasis teks. 
• File yang tidak dapat dimodifikasi, misalnya file musik, video, file yang telah di kompres atau arsip yaitu ZIP, RAR, dsb.

FUNGSI GOOGLE DRIVE
Google drive yang saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi google drive yang bisa diketahui:
1. Menyimpan Data
Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna bisa mengaksesnya dimana saja baik dirumah maupun dikantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.
Google drive bisa diakses melalui drive.google.com dan menyediakan 15GB kapasitas untuk keperluan Anda dan bisa diperbesar dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya. Data yang bisa disimpan dalam google drive adalah data yang dibuat melalui menu google drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain diluar google drive.
2. Membuat dan mengedit dokumen
Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainya. Google drive juga memiliki menu untuk membuat slide presentasi yang bisa diakses kapan saja.
3. Mengakses fitur google lainnya
Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia link atau tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus dan lainnya.
Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang dibuat dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa harus menyimpannya secara manual.

MANFAAT GOOGLE DRIVE
Fitur google drive yang disediakan oleh google memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya sehingga layak untuk digunakan bagi mereka yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi. Manfaat-manfaat yang ditawarkan google drive antara lain :
1. Google drive memungkinkan Anda untuk mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpan maksimal 5GB atau lebih, langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu. Selain itu, google drive juga mmeungkinkan pengguna untuk menshare foto, video dan dokumen dengan orang lain yang tersimpan dalam kontak.
2. Data yang tersimpan dalam google drive bisa diakses dimanapun dan dengan menggunakan komputer atau device yang berbeda karena file telah tersedia dalam web. Anda juga tidak perlu repot-repot menyimpan data dalam USB dan menggunakannya pada saat presentasi.
3. Tidak hanya tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa diakses melalui smartphone dan smartphone sehingga bisa diakses dengan lebih mudah bahkan saat dalam perjalanan.
4. Google drive tersinkronisasi dengan web browser sehingga pengguna bisa mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.
5. Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator ai. dan tipe file lainnya.
6. Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang discan dan disimpan dalam google drive. Misalnya saja jika kita ingin mencari nama seseorang yang ada pada sebuah lembaran koran yang discan dan disimpan dalam drive.
Itulah pengertian google drive beserta fungsi google drive yang perlu Anda ketahui. Berbagai fungsi dan manfaat google drive tersebut bisa dinikmati secara gratis dan tentunya bisa membantu Anda dalam meringankan pekerjaan.

MENGUNGGAH FILE  
Untuk mengunggah file dari komputer ke Google Drive, lakukan langkah sebagai berikut.  
1) Klik tombol Baru (New) kemudian pilih Unggah File (File upload). 
2) Pilih file yang ingin diunggah, kemudian tekan tombol Open.  
3) File akan masuk ke dalam Drive. 
Selain cara di atas, dapat menggunakan cara lain yang lebih mudah untuk mengunggah, yaitu dengan cara klik dan geser (drag) ke dalam Drive.  
Hasil file yang telah diunggah dapat dikelola dengan memanfaatkan folder, caranya adalah klik tombol Baru dan pilih Folder. Ketik nama folder yang diinginkan. Namun, jika file yang akan diunggah sudah terdapat dalam satu folder, dapat diunggah sekaligus dengan cara memilih Unggah Folder (Folder upload) ketika akan melakukan unggah.

Komentar

  1. Emperor Casino - Shootercasino.com
    As always, 온카지노 if you are searching for the best casino games for you, it is important to find 메리트카지노 a site that matches your needs. It may 제왕 카지노 be the best you

    BalasHapus

Posting Komentar